Senin, 17 Oktober 2016

12 Alat Musik Ritmis Tradisional dan Modern

Alat musik ritmis terbagi menjadi dua kategori: Tradisional dan Modern serta daerah asalnya. Terjadi perbedaan yang mendasar terkait keduanya. Namun seiring perjalanan waktu, alat musik tradisional masih ada dikancah permusikan, baik nasional maupun internasional.

Gambar alat musik berjenis ritmis dengan mudah bisa didapatkan, baik ditoko buku, perpustakaan milik sekolah-kampus dan internet. Google Image adalah salah satu media online yang banyak mengumpulkan contoh gambar-gambarnya.

Sebelumnya, bagi Anda yang belum tahu atau ingin tahu apa itu alat musik ritmis?, silahkan mengunjungi laman ini.

Lalu, jika Anda juga mau mengetahui apa-apa saja alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik?, silahkan mampir kesini.

Oke, kembali kepada ulasan alat musik sesuai judul artikel ini. Setelah melakukan riset sederhana melalui software Keyword Revelear, akhirnya Silontong berhasil mengumpulkan 12 Alat Musik Ritmis dari tradisional sampai modern yang disertai contoh dalam bentuk gambar. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Drum

Alat musik Drum pasti sudah tidak asing bagi saya dan Anda. Drum masuk kedalam jenis alat musik ritmis.
Selain itu, Drum juga dikelompokkan para seniman ke alat musik perkusi. Cara memainkannya, biasanya dipukul dengan tangan atau sebuah alat khusus.
Orang yang memainkan Drum disebut sebagai Drummer. Setelah mencari kesana kemari, ada yang sebut Drum berasal dari Cina, benarkah?#Diskusi

2. Rebana

Dalam bahasa Jawa, Rebana disebut ‘terbang’ yaitu gendang berbentuk bundar dan pipih yang merupakan khas suku Melayu yang asal daerahnya dari Timur Tengah (Timteng). Suku Melayau hanya mempopulerkannya di Indonesia.
Masuk dalam jenis alat musik Ritmis, Rebana dibuat dari perpaduan kayu dan kulit hewan yang dimainkan dengan cara di pukul menggunakan tangan.

3. Kendang

Alat musik ritmis yang bernama Kendang (Gendang) ini juga dikenal dengan sebutan Kendhang. Instrumen ini berfungsi dalam gamelan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Barat (Jabar) yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama.

Oh iya, Kendang berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Barat.

4. Konga

Masuk kedalam jenis alat musik ritmis, Konga dikelompokkan dalam keluarga gendang. Berbentuk hampir sama dengan kendang. Namun yang membedakannya, bentuknya lebih memanjang dan ada keunikan tersendiri sehingga menjadi khas. Kayu adalah bahan yang dibuat untuk alat musik Konga.

Kulit hewan yang digunakan untuk permukaannya menghasilkan bunyi yang khas. Teknik memainkan alat musik ini dengan cara dipukul menggunakan kedua tangan tanpa adanya alat bantu.

5. Marakas

Alat musik Marakas masuk kategori alat musik ritmis yang cara memainkannya dengan diguncang-guncang. Marakas terbuat dari labu kering berisi biji kering atau kerikil.

Kabarnya, Marakas berasal dari Amerika Serikat (AS).

6. Simbal Tangan

Simbal Tangan ialah sebuah alat musik yang telah dimainkan sejak Zaman kuno. Dengan demikian jenisnya masuk kedalam alat musik ritmis tradisional.

Bagaimana cara memainkannya? Alat musik Simbal Tangan ini dimainkan dengan cara dipukul.

Dari mana asal daerahnya alat musik Simbal? Informasi yang ditemukan, Simbal terkenal dari Turki.

7. Tamborin

Dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan, Tamborin disepakati berjenis sebagai alat musik ritmis.

Selain itu, Tamborin jika dimainkan menghasilkan suara gemerincing yang dapat dipadukan dengan suara tabuhan dari bagian membrannya.

Menurut laman Wikipedia, alat musik Tamborin berasal dari Eropa.

8. Tifa

Perlu diketahui, ada beberapa macam jenis alat musik Tifa seperti Tifa Jekir, Tifa Dasar, Tifa Potong, Tifa Jekir Potong dan Tifa Bas.

Sebagai alat musik ritmis, Tifa merupakan alat musik khas Indonesia bagian Timur, khususnya Maluku dan Papua. Instrumen ini berbentuk menyamai

Kendang (gendang) dan terbuat dari kayu yang di lubangi tengahnya.

9. Timpani

Dengan cara memukul kepalanya dengan stik drum khusus, Timpani selain dikenal sebagai alat musik Ritmis, juga masuk dalam keluarga perkusi.

Alat untuk memukul Timpanni adalah Stik Timpani atau Timpani Mallet.

Instumen alat musik tersebut terdiri dari sebuah kulit yang disebut sebagai kepala yang dipakaikan di atas sebuah mangkok besar yang secara tradisional terbuat dari tembaga.

Jika Anda tahu asal daerah alat musik Timpani, sudi kiranya menulis di kolom komentar ya.

10. Triangle

Terbuat dari bahan besi logam berbentuk segitiga, Triangle merupakan alat musik yang menghasilkan suara dari getaran seluruh badannya.

Informasi yang didapat, Triangle yang merupakan alat musik ritmis ini berasal dari Peru.

11. Kastanyet

Kastanyet, adalah alat musik ritmis yang digunakan untuk mengiringi tarian-tarian Spanyol yang teridiri dari sepasang kepingan kayu keras. dengan begitu, Kastanyet berasal dari Spanyol, benarkah demikian?

12. Tamborin Rebana

Tamborin umumnya digunakan mengiringi lagu yang berirama riang. Alat musik ritmis ini berbentuk lingkaran dari logam. Sedangkan Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Seiring perkembangan zaman, Tamborin yang tadi terpisah, kini menjadi satu. Dan keduanya sama-sama alat musik ritmis.

Demikianlah informasi ini disampaikan. Semoga bagi yang belum tahu tentang alat musik ritmis bisa segera memahaminya. Kemudian bagi yang sudah paham tentang alat musik ritmis bisa berbagi pengetahuan kepada teman-teman yang lain. Karena saat ini bukan lagi zamannya siapa yang paling tahu mendapat apresiasi, namun sekarang adalah zaman dimana orang saling berlomba-lomba berbagi pengetahuan. Bukan begitu, sobat?