Minggu, 16 Oktober 2016

5 Alat Musik Tradisional Indonesia Unik Ini Wajib Kamu Ketahui

Indonesia memiliki banyak sekali ragam budaya, mulai dari Sabang hingga Merauke. Terdapat puluhan provinsi yang masing-masing memiliki suku, ras, dan budaya yang berbeda. Salah satu budayanya adalah alat musik. Alat musik tradisional Indonesia sangat banyak sekali ragamnya. Kita tidak akan bisa menghitung ada berapa macam jumlah alat musik tradisional Indonesia yang tersebar hingga ke pelosok daerah.

Di antara banyaknya alat musik tersebut, ada beberapa alat musik tradisional yang unik dan tidak terlalu banyak dikenal oleh masyarakat Indonesia. Berikut adalah alat musik tradisional tersebut, yaitu:

1. GENGGONG

Genggong adalah alat musik tradisional asli Bali yang unik dan jarang dikenal orang. Keunikannya terletak pada suara yang ditimbulkan seperti suara katak sawah. Selain suaranya, cara memainkannya pun unik, yaitu menggunakan rongga mulut sebagai resonator.

2. KARINDING

Karinding adalah alat musik tiup tradisional asal Sunda. Alat musik Sunda ini terbuat dari pelepah kawung (enau) atau bambu. Cara memainkannya cukup unik. Ruas tengah karinding diletakkan pada bibir, lalu tepuk bagian ujung ruas paling kanan karinding hingga jarum karinding bergetar.

3. SASANDO

Sasando adalah alat musik yang dimainkan dengan dipetik. Mungkin banyak masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan alat musik ini. Alat musik dari Rote, Nusa Tenggara Timur ini memiliki bentuk yang unik seperti bawang. Bagian utama sasando berbentuk tabung yang biasanya terbuat dari bammbu. Lalu diberi ganjalan-ganjalan senar yang terletak pada bagian tengah dan melingkar dari atas sampai bawah tabung. Wadah yang menyerupai kulit bawang menjadi tempat resonansinya.

4. FU

Fu adalah alat musik yang berasal dari Maluku Utara. Alat musik yang serupa juga ada di Maluku (Ambon), namun dengan nama yang berbeda, yaitu Korno. Fu terbuat dari kerang dan cara memainkannya dengan ditiup. Alat musik ini berawal dari seseorang yang tersesat di hutan kemudian ia meniup Fu untuk meminta bantuan.

5. KURIDING

Kuriding adalah sebuah alat musik khas Kalimantan Selatan. Sama seperti Karinding, Kuriding dibuat dari enau. Keunikan dari alat musik ini ada pada cara memainkannya. Tangan kiri memegang tali pendek melingkar yang menahan bilah kayu Kuriding agar menempel di mulut. Lalu tangan kanan menarik-narik tali panjang yang diikat pada ujung bilah sebelahnya. Suara yang dihasilkan seperti suara angin yang disertai bunyi hentakan.